Selasa, 26 Maret 2013

Ujian Kompetisi Kejuruan


gimana sih rasanya Ujian Kompetisi Kejuruan (read UKK)
rsanya tuh kaya lu ngadepin ujian kejuruan. yap, secara umum sih begitu tapi secara spesifiknya tuh kaya yang bakal gua ceritain ini...


UKK? kata itu mulai terngiang ngiang di telinga gua sejak gua kelas XII
semenjak kelas XII gua udah di ingetin sama guru gua buat nyiapin Ukk. dan alhamdulilah sekarang gua udah lulus UKK bro :D
tapi disini gua pengen nyeritain hal hal yang paling berkesan selama gua nyiapin UKK ngadepin UKK dan menanti pengumuman UKK
oke gua mulai cerita ini dari.........
dari mana ya? dari............................
dari Post production aja deh,
Post production? maksudnya????
 jadi gini. waktu UKK kemarin itu gua ngambil paket1. nah paket 1 itu gua harus bikin iklan layanan masyarakat
di iklan layanan masyarakat itu ada tahap Post production, production and poroduction
duh jadi sok ngajarin gua #maap maap gan
jadi menurut penjelasan yang gua jelasin tadi intinya gua harap lu paham, kalo gak paham ya gua harap lu pura pura paham aja :)
nah karena gua harus bikin ILM itu maka gua harus shooting dan pastinya gua membutuhkan partner untuk jadi kameraman dan aktor buat ILM gua, dan akhirnya gua imon dan reja sepakat intuk bekerja sama dan saling membantu. kebetulan gua dan imond nambil paket1 bikin ILM. kalo reja bikin CD interaktif
jadilah gua,imond dan reja meluncur ke lokasi shooting
waktu itu gua ngambil gambarnya di daerah komplek bumi pesanggrahan mas
dan di ILM ini gua bikin mengusung tema Bahaya komunikasi saat berkendara
dan ini adalah hasil ILM yang udah gua buat
cekidot.!






gimana? kasian banget kan gua harus nyusruk, jatoh ketiban motor :( itu adegannya asli loh.!
maksudnya waktu shooting gua emang beneran jatoh gan... #Gapapa yang penting lulus!

setelah memiliki modal shoot gambar hati gua sedikit tenang buat ngadepin UKK yang di selenggarain taggal 7&8 maret
oke, gua udah nyoba latihan ngedit di rumah dan di labkom.
nyiapin sound efek dan belajar sedikit after efect buat bikin bumper in ILMnya
oh ya proposal!!!
emang ya, yang namanya proposal itu agak ribet bro
ribet banget malahan kayanya. buktinya gua sampe 3X revisi proposal dan terakhir berkat bantuan pak Djamal gua bisa nyelesain proposal dengan benar dan sebagai teman yang baik gua oper operlah soft copy nya ke temen temen gua yang masih pusing ngurusin proposal termasuk Apis,sigit,niki and embi...
baru kali ini mereka belajar + bikin proposal sampe malem, eh bukan malem lagi. gua rasa pagi saalnya waktu gua bantuin bikin proposal mereka itu udah sekitar jam 1.20 pagi.! cadas...... #Gapapa nolongin temen dikit
gua juga bikin lebel cd dan cover dvd buat project ini
nih hasil nya gan....









dan akhirnya sampe juga gua di hari ini
hari UKK gua, hari yang udah bikin gua galau karena harus ngerevisi proposal berkali kali
yang udah bikin gua jadi street designer bantuin apis dan temen temen bikin lebel dan cover Dvd
yang jadi alesan kenapa belakangan ini gua selalu balik sore karena harus belajar dan nyiapin materi ILM gua di labkom
yap,hari ini adalah hari bersejarah buat gua karena inilah pembuktian gua sebagai pelajar SMK Tunas Grafika Informatika
oke, pas UKK nya itu gua dapet yang gelombang 2 tanggal 7&8 maret
tanggal 7nya bikin ILM make materi dan shoot gambar yang udah gua nyiapin
hari itu gua make jas dan style orang kantoran deh
nih contoh fotonya :)
yakan yakan tampang gua udah gak pantes banget kalo di bilang unyu, lebih tepat masuk dalam katagori cool read keren!













selama bikin ILM di tanggal 7 alhamdulilah gak ada kendala yang menyulitkan gua, gua duduk di samping kanan mega dan mega duduk tepat di bawah AC jadi tempat duduk gua udah pas banget buat bikin gua nyaman selama ngedit ILM
dan pas tanggal 8 adalah saat gua harus presentasiin ILM yang udah gua buat
gua dapet info dari anak2 yang gelombang 1 kalo yang di ruangan pa jenervis banyak yang gak lulus terus orangnya galak pula.
oh,tidak! gua dapet yang di rauangan pa jenervis lagi #panik,nervous,gerogi,cemas semuanya campur jadi satu...
apa lagi pas salay maju presentasi gua sempet ngintip dia dari samping jendela, gila! si salay abis di koreksi, di marahin yah pokoknya di kata kata yang kurang enak lah...
maria ulfa dan gua akhirnya masuk ke dalem ruangan, karena masuknya itu satu ruangan ber dua.
jadi pas maria lagi presentasi gua duduk dulu nunggu di dalem sambil duduk ngeliatin ulfa yang di tanya tanya tapi gak tau jawabannya

pa jenervis: kamu bikin Cd interaktif, pake softwere apa?
ulfa: adobe flash pak....
pa jenervis: format save as adobe flash apa?
ulfa: ga tau pak......
pa jenervis: bagus.!
ulfa:#nyengir nyengir ketakutan
pa jenervis: kepanjangan dari .PSD apa?
ulfa: ga tau pak.........
pa jenervis: bagus! saya suka yang kaya gini dari pada yang gak bisa tapi sok tau
*pa jenervis: nengok ke arah gua sambil nanya soal yang sama
gua jawab: Photoshop document pak
pa jenervis: yak pinter kamu

akhirnya ulfa selesai presentasi dan gua yakin pasti dia baner bener ngerasa nerves karena dari tadi di tanya jawabannya cuman simple banget "ga tau pak....."
dan akhirnya gua maju presentasii ILM gua dengan judul "bahaya komunikasi saat berkendara"
gua masukin DVD-R yang di dalemnya ada ilm gua, kebetulan cd room nya udah kebuka, yaudah gua langsung masukin aja.
selesai nonton, dia pengen loncat ke durasi 1menit .20 detik karena Gom playernya eror jadi gak bisa langsung ke durasi itu..
gua bilang sama pak jenervis, pa bukanya pake windows media player aja ya *sambil tangan gua ngarahin ke vidio ilm-klik kanan-terus pilih open with windows media player
pak jenervis langsung ngoceh ini formatnya .vob semprul ga bisa play make windows media player
mulut pak jenervis belom mingkem langsung gua klik vidio gua dan akhirnya bisa kebuka juga :)
langsung gua senyumin ke arah dia #pantesan temen temen banyak yang bilang kalo pengawas yang ini galak. emang bener sih
selesai presentasi gua ngeluarin ilm nya gak bisa nih dari cd room nya, pencetan cd room nya ada di paling bawah banget sampe ga keliatan sama gua
pa jenervis ngeliatin gua sambil bilang, bagus! anak multimedia ga bisa buka cd room
pas banget pa jenervis mao bangun nyamperin  gua, gua ketemu pencetannya dan *ting tong* kebuka tepat saat dia baru ngankat pantat pengen nyamperin gua.....
dan kembali gua sentumin dia lagi :)

haahahahahaha.... kalo bukan pengwas UKK udah gua. gua apain ke seterah gua! sayang aja pengwas UKK
selesai presentasi gua keluar dengan keringet nerpess yang masih ada di dahi gua dan gua jalan masuk ke kelas pengen ngambil minum, eh ada imond isnan irpan di tangga... gua samperin mereka dan katanya si imond harus revisi ILMnya
#jleb langsung diem gua. punya imond aja yang bagus di suruh revisi apalagi punya gua yang biasa biasa aja :(
hari itu hari jumaat, gua solat jumaat di masjid dulu dan ga berhenti henti gua baca solawat waktu khotib lagi khotbah dan sorehari. sebelom balik... gua duduk dulu di bawah pohon bambu cerita cerita pengalaman sama temen temen, ada si muniatul juga. dia sampe nangis waktu cerita cerita dan akhirnya katawa katawa juga karena anak anak akhirnya pada ngelawak..
pulang ke rumah, mandi. solat maghrib. ber doa. dzikir, solat isya. nonton tipi sambil mantengin group SMK Tunas grafika angkatan pertama karena seperti kemarin pa jamal bakal ngumumin siapa nama nama yang revisi buat UKK
sumpah gan! rasanya bener bener deg deg kan dag dig dug jantung gua. akhirnya pa jamal ngirim nama nama yang harus revisi.
dan.....................
alhamdulilah ya Allah gak ada nama gua dan berarti gua gak revisi.!
horeeeeeeeee
seketika tweet gua penuh dengan ucapan selamat dari temen temen dan gua ngucapin selamet sama temen temen gua yang lulus tanpa revisi, termasuk si ulfa. hehehe ahirnya tuh anak lulus juga, padahal waktu di tanya pak jenervis jawabannya paling simple tapi alhamdulilah kita lulus domng :D

sukses UKK
sekarang lagi fokus buat UN semoga dapet nilai yang terbaik AAMIIN :)


1 komentar:

  1. huaaaaaaaaaaaaaaaahhh sukses ya UN nya...
    jangan stress stress yaaaa :)

    BalasHapus